Berkaitan dengan bisnis kaos distro, pengalaman saya selama berkenalan dengan banyak sekali pebisnis ternyata kuncinya yaitu sejauh mana kita mampu memperluas pasar dan pasar mampu mendapatkan produk yang dijual. Artinya, barang apapun, bila ia memiliki kanal pasar yang luas, maka ia akan berpotensi menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.
Akan tetapi, segmentasi bisnis ke pemasaran atau produksi, atau pun keduanya, tergantung sejauh mana peluang yang mampu kita optimalkan. Misalnya, bagi yang memiliki jaringan banyak akan tetapi minim modal, maka bisnis yang biasa diambil yaitu menjadi distributor atau distributor. Akan tetapi bagi pebisnis yang memiliki modal besar tetapi minim pemasaran, maka produksi menjadi pilihan yang diambil.
Besar kecilnya pasar ditentukan oleh segmentasi yang akan kita ambil, misalnya mampu berdasarkan hobby, pendidikan konsumen, dan lain lain. Begitu juga dalam produk bisnis, mampu berupa barang dan jasa. Akan sangat banyak potensi yang mampu kita kembangkan dalam bisnis bila kita serius, focus, dan memahami caranya. Dalam hal ini, saya akan membuatkan tips cara berbisnis kaos distro, biar bermanfaat.
Cara Berbisnis Kaos Distro
1. Mempunyai gagasan kreatif Mengenai Kaos Distro
Biasanya, gagasan kreatif mengenai kaos distro itu muncul secara tiba-tiba sebab kita sudah sering bersentuhan dengan hal tersebut. Maka untuk memunculkan gagasan kreatif perihal konsep kaos distro yang hendak dijalankan, Sobat harus memahami dulu perihal kaos distro, baik sejarah kenapa kaos distro mampu bekembang, cara para pebisnis mengembangkan bisnis kaos distronya, alian pedoman kaos distro, desain kaos distro, administrasi kaos distro, dan lain lain. Semakin sering kau behubungan dengan kaos distro, maka pemahaman tersebut akan tersimpan di memory dan langsung masuk kea lam bawah sadar kita secara otomatis. Dari banyak sekali perbedaan konsep yang telah ada, biasanya muncul gagasan gres sebagai hasil perkawinan dua gagasan.
Sebagai contoh, pada kurun ke 18, belum ada orang yang mengenal kaos polo. Pada kondisi itu, seorang pebisnis asal Inggris melihat permainan polo yang mengalami gangguan pada kostum yang digunakan sebab menggunakan baju panjang yang kaku. Dari situlah ia mengawinkan antara kemeja dengan kaos sehingga muncul gagasan pertama kaos kerah. Hal itu pada awalnya digunakan untuk olah raga polo, hingga terjadi evolusi pada kaos tersebut, baik bahan, style, warna, hingga motif menyerupai sekarang ini.
Hal ini menjadi kunci penting, sebab tanpa memiliki gagasan kreatif dan passion yang kuat, maka bisnis yang dilakukan akan hampa, monoton, dan tanpa makna. Gagasan inilah yang membedakan antara bisnis dengan menjadi pekerja. Begitu pula dalam kondisi apapun, kaos distro yg langsung dan unik lah yang akan diterima pasar, sebab tiap orang pada dasarnya menyukai hal unik, termasuk dalam berbusana.
2. Tentukan Segmentasi Pasar Kaos Distro
Setelah pandangan gres itu muncul, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan segmentasi pasar kaos distro, siapa aja konsumen yang akan mendapatkan prodak kita. Kesesuaian antara produsen dengan konsumenlah yang akan menjadi mitra panjang. Begitu pula kesalahan menentukan segmentasi, maka dijamin kaos distro yang telah kita akan mampu dan susah laku. Hal ini sebab kita tidak focus menggarap segmentasi pasar sehingga kineja yang dilakukan akan setengah setengah dan tiak memiliki indicator kesuksesan yang jelas. Apalagi kaos distro merupakan bisnis yang berasal dari symbol komunitas, maka target pasar pun harus jelas, komunitas mana mananya.
Beberapa pola target pasar kaos distro yang mampu dijadikan acuan ialah berdasarkan ekonomi: menengah ke atas atau menengah ke bawah, atau berdasarkan komunitas menyerupai music fans club, photografer, komunitas penghobi burung kicau, komunitas mancing mania, pria yang hobi bermain golf, bersepeda, wanita yang memiliki anak balita dll.
3. Positioning Kaos Distro
Positioning akan sangat penting, kaitannya dengan menentukan posisi kita di mata konsumen, termasuk duduk perkara branding, pesaingan pasar. Misalnya pada duduk perkara branding kaos distro: menonjolkan keunggulan pada harga yang murah, pelayanan konsumen yang ramah, desain yang unik, tata letak toko (outlet dan toko online), kanal yang mudah dijangkau. Dalam duduk perkara pemasaran, branding menjadi lebih penting bagi konsumen sebab branding dan kesan yang indah akan lebih mudah diingat dibanding barang yang sebenarnya. Begitu juga dengan memahami kelemahan dan kelebihan pesaing dan bisnis kita, kita akan lebih mampu memodifikasi dan inovasi bisnis menjadi lebih baik di banding pesaing yang ada.
4. Target dan Ekspektasi Kaos Distro
Setelah memiliki ide, membidik segmentasi pasar, memahami positioning, selanjutnya yaitu menentukan target. Misalnya target hitungan omzet kotor, laba bersih, target jaringan pemasaran, target kepuasan konsumen, target perluasan pasar/ cabang, dan lain lain. Dalam bisnis, segala hal apapun harus mampu dijelasakan decara detail, tertulis, dan mampu dikalkulasikan secara matematis. Jika target mampu dan tidak mampu dikalkulasikan secara matematis, maka bisnis yang dilakukan akan bias dan tidak optimal.
5. Strategi bisnis
Strategi bisnis mampu berupa seni administrasi produksi, seni administrasi pengembangan modal, seni administrasi promosi, iklan, diskon reseller dan grosir, serta reward reward lain.
a. Strategi pengembangan modal
Dalam bisnis, modal itu penting, baik berbentuk barang dan uang, atau jasa. Sesuatu yang mampu menjadi asset awal, itulah modal. Jika modal berupa uang, mampu berasal dari uang pribadi atau pinjaman. Dalam bisnis apapun, termasuk kaos distro, modal memegang peranan penting. Maka, cara mengembangkan bisnis melalui modal yaitu dengan cara melaksanakan efisiensi biasa produksi dan memperbesar akumulasi keuntungan.
b. Strategi produksi
Setelah memiliki modal yang cukup, maka langkah berikutnya ialah menentukan seni administrasi produksi. Keuntungan dalam produksi perpotong memang lebih kecil dibanding dengan pemasaran, akan tetapi produksi yang banyak dan strategis akan memiliki keuntungan di banding dengan pemasaran yang memiliki stok terbatas.
Strategi produksi kaos distro mampu dilakukan dengan cara membuka konveksi/ sablon, PO ke konveksi orang, atau kita menggunakan system maklun (membeli materi bahan sendiri dan menyerahkan produksi ke konveksi. Semua punya kelebihan dan kekurangan. Adapun barang yang dipasarkan mampu membidik merk sendiri atau menjual merk orang lain.
produksi kaos distro |
c. Strategi iklan dan promosi
Dalam pemasaran kaos distro, promosi merupakan jantung dari kekerabatan dengan konsumen. Hal ini pulalah yang akan membedakan satu produk dengan produk lain yang kualitasnya sama. Satu hal yang ingin ditarget dalam promosi ialah branding/ membuat satu kata kunci yang selalu dikenang konsumen. Misalnya, dikala orang berbicara 3second dikala membicarakan kaos distro, maka merk itu telah sukses melaksanakan branding. Hal ini mampu dilakukan dengan mengendorse artis/ public figure, menjadi sponsor, donator event event tertentu, atau juga melalui pelayanan mengesankan melalui mouth to mouth. Strategi dari lisan ke lisan merupakan seni administrasi yang lama dilakukan, tapi lebih betahan lama dikenang konsumen.
Adapun pemasaan kaos distro mampu ditempuh melalui jalur offline (outlet), online, atau pun keduanya. Jika membuka outlet, usahakan posisinya di daerah yang banyak dilalui kanal publik, desain interiornya elegant dan unik, dan pelayanannya ramah. Jika membuka toko online, usahakan promosi melalui semua media online menyerupai membuat web, blog, wordpress, BBM, Facebook, twitter, path, instagram, dan lain lain. Semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu, maka akan semakin meningkatkan potensi penjualan.
d. Strategi pelayanan prima
Dalam bisnis apapun, yang selalu ingin dikenang konsumen melebihi prodak yaitu kesan baik/ attitude. Makara sebenarnya, bisnis kaos distro yang baik itu yaitu jual sikap, bukan jual produk. Pelayanan prima ini mampu berupa pelayanan yang cepat, ramah, sempurna waktu, serta menyenangkan.
e. Strategi kalkulasi laba rugi
Bisnis selalui dipengaruhi undangan dan penawaran. Usahakan untuk selalu pada posisi yang seimbang. Tidak terlalu mengeruk keuntungan, juga tidak terlalu menyengsarakan usaha sebab ganjal an menyenangkan konsumen. Dibuat statistic jumlah modal, jumlah beban produksi, pengeluaran lain lain, akumulasi keuntungan kotor, hingga keuntungan bersih. Dengan target yang jelas, maka kita akan mudah menganalisa pekembangan bisnis kaos distro yang dilakukan.
strategi bisnis kaos distro |
f. Strategi manajerial bisnis
Dalam jangka panjang, manajerial merupakan kunci untuk mempetahankan dan mengembangkan bisnis untuk stabil. Manajeial itu mampu berupa pembukuan yang detail dan mampu dipetanggungjawabkan, penataan posisi toko/ barang, desain interior, dan lain lain. Yang terpenting yaitu selalu mengontrol perkembangan bisnis kaos distro secara terjadwal dan membuat gagasan kreatif lain menyerupai poin satu dan seterusnya.
Mau tahu informasi lain, silakan klik di sini.
Post A Comment: